Makam Bung Karno

Makam Bung Karno. Ketika berkunjung ke kota Blitar, tak akan lengkap rasanya bila tak menyempatkan diri untuk mampir ke situs makam Bung Karno. Pasalnya, menapaki perjalanan hidup seorang presiden pertama di Indonesia tak harus melulu tentang membaca buku diktat sejarah. Mengunjungi tempat persemayaman terakhir beliau pun tak ayal akan membangkitkan ingatan siapa saja tentang perjuangan dan kerja keras Bung Karno sebagai proklamator kemerdekaan negara Republik Indonesia berpuluh tahun yang lalu. Satu poin positifnya adalah mengunjungi makam Bung Karno merupakan kesempatan berharga mempelajari sejarah hidup beliau dengan label ‘wisata’ yang akrab dengan perjalanan menyenangkan.

makam bung karno

Lokasi dan tiket masuk ke makam Bung Karno

Bagi anda yang sudah tak sabar untuk segera sampai ke situs makam Bung Karno, pastikan anda telah mengantongi lokasi yang tepat dari tempat tersebut. Makam Bung Karno berlokasi di jalan Ir. Soekarno, kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanawetan dan dapat dikunjungi mulai pukul 8 pagi hingga pukul 6 sore. Situs wisata sejarah ini berada pada lahan yang amat luas yang dapat dicapai pada jarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Blitar. Kemudahan akses transportasi menuju situs makam dan tidak adanya penarikan tiket masuk bagi warga Blitar dan Rp. 2. 000,- bagi wisatawan dari luar Blitar menjadikan daftar pengunjung Bumi Bung Karno ini membludak terutama pada musim liburan.

Bila anda bertolak dari alun-alun kota Blitar, anda hanya harus menempuh perjalanan kurang lebih 2 km ke arah utara. Anda akan dapat menemukan kawasan pemakanan Bung Karno tak jauh dari Stadion Gelora Supriyadi. Dua akses pintu masuk ke area makam dapat anda pilih melalui pintu gerbang utara yang langsung disambut oleh Gapura Agung menuju bangunan utama makam yang disebut sebagai Cungkup Makam Bung Karno yang memiliki julukan lain sebagai Astono Mulyo atau pintu gerbang sebelah selatan yang melewati patung Bung Karno yang sedang membawa buku di samping perpustakaan, taman yang berhiaskan relief, dan World Peace Gong yang merupakan simbol perdamaian dunia. Setelah puas berwisata sejarah di area makam Bung Karno, anda dapat sembahyang di mushola yang memiliki desain bangunan kuno di sebelah barat dan beristirahat sejenak di tempat peristirahatan yang disediakan di sebelah timur makam. Anda dapat keluar dari kompleks makam melalui pintu yang berada di sebelah utara yang langsung disambut oleh puluhan pedagang yang menjajakan oleh-oleh khas Blitar dan cinderamata.

Pesona makam Bung Karno

Wibawa seorang Ir. Soekarno kala memperjuangkan kemerdekaan Negara Republik Indonesia adalah sesuatu yang mustahil untuk tidak diketahui oleh warga negara Indonesia. Bahkan banyak kalangan dari luar negeri mengelu-elukan kharisma seorang Bung Karno. Tak ayal bila sekarang makamnya tak pernah sepi pengunjung yang berniat melakukan wisata sejarah dan berziarah. Aura sakral yang tak pernah surut dari  area makam seringkali dikaitkan dengan pesona Bung Karno semasa hidupnya yang membuatnya mendapat simpati dan penghormatan dari berbagai kalangan.

Sebuah batu besar di atas makam Bung Karno turut menjadi saksi betapa besar nama beliau bahkan setelah wafat. Batu besar tersebut memiliki pahatan tulisan yang berbunyi sebagai berikut:’Di sini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia Penyambung Lidah Rakyat”. Makam beliau diapit oleh makam ibunya yaitu Ny. Ida Aju Nyoman Rai Soekeni Sosrodihardjo di sebelah kanan dan makam ayahnya yaitu R. Soekeni Sosrodihardjo di sebelah kiri. makam bung karno.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail